Filled Under: , ,

Cara Menganalisa Kerusakan Jalur SimCard

Setelah mengetahui metode pengukuran dengan AVOMeter, sekarang saya coba kasih contoh kasus, disini saya akan mempraktekan cara menganalisa jalur Simcard pada ponsel Nokia NGAGE QD, walaupun dalam praktek ini hanya diberikan contoh pada permasalahan Simcard saja, akan tetapi bila anda telah benar-benar paham dengan yang akan dijelaskan ini maka akan mudah dalam penganalisaan jalur pada rangkaian yang lainnya.

Pertama kali langkah yang harus dilakukan adalah mengukur nilai Resistansi disetiap jalur/pin out pada Konektor atau Interface Simcard pada PWB Ponsel. Test Probe AVO-Meter dihubungkan secara pararel, hitam ke Ground sedangkan yang merah dihubungkan ke setiap jalur/pin out. Caranya dapat diperlihatkan pada gambar dibawah ini:


Dari gambar diatas dapat saya uraikan sebagai berikut:

• Setel AVOMeter pada kalibrasi OHM X1, karena pada setingan ini AVOMeter akan dapat memberikan arus yang cukup besar untuk mengalirkan arus listrik pada rangkaian yang akan kita ukur dan AVOMeter tidak akan terlalu peka dalam pengukurannya, terkecuali bila jarum petunjuk AVOMeter hanya bergerak sedikit saja, maka anda dapat menaikan kalibrasinya menjadi OHM X10 atau yang lebih diatasnya.

• Hubungkan Testprobe yang berwarna hitam kepada Ground (Negatif) pada PWB Ponsel, selanjutnya Testprobe yang berwarna merah hubungkan kepada salah satu jalur SIMCard. Anda ukur satu persatu ke semua kaki-kaki konektor Simcard. Bila disetiap kaki konektror tersebut terdapat nilai resistansi maka dapat dipastikan jalur tersebut adalah normal/tidak bermasalah. Disaat pengukuran akan ditemukan dari salah satu jalur tersebut, dimana AVOMeter menunjukan 0 Ohm (jarum bergerak penuh/Short) ini bisa diartikan bahwa jalur tersebut terhubung langsung dengan Ground. Akan tetapi bila salah satu kaki konektor tersebut tidak memiliki nilai resistansi, kemungkinan besar jalur tersebut telah putus, untuk meyakinkan jalur tersebut putus atau memang jalur itu adalah jalur kosong atau jalur aktif, maka anda dapat melihatnya pada skema diagram. Dapat diperlihatkan pada gambar dibawah ini:

Gambar skema jalur konektor SIM Card

Pada “SIM READER” pin 6 (VPP), disana terlihat jelas bahwa jalur tersebut adalah jalur yang tidak digunakan, maka bila tidak terdapat nilai resistansi, keadaan tersebut adalah wajar. Pada pin 5 akan dihubungkan ke Ground, maka hal yang wajar bila hasil pengukuran jarum AVO-Meter akan bergerak secara penuh ke arah kanan.

Nah, dengan mengetahui contoh kasus ini, setidaknya Anda akan bisa mengetahui skema jalur Simcard untuk tipe lainnya, semoga bermanfaat. Anda bisa melanjutkan disini untuk menentukan blok yang bermasalah.

2 comments:

  1. bisa service NOKIA N GAGE QD gk gan itu sim card saya tidak terbaca trz..

    BalasHapus
  2. Itu cuma untuk Nokia aja ya? Kalau ponsel merek lain pada prinsipnya sama juga atau gimana? Mohon tambahan informasinya. Terima kasih.

    BalasHapus