Filled Under: , , ,

Membedakan kerusakan Hardware & Software ponsel

Secara garis besar kerusakan yang terjadi pada ponsel dapat dikategorikan menjadi dua bagian yaitu kerusakan pada area hardware atau area software. Terkadang dalam membedakan jenis kerusakan yang ada, kita sedikit dibuat bingung manakala kerusakan tersebut tidak menunjukkan gejala yang spesifik mengarah pada salah satu kriteria, sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi keputusan disaat akan memulai repair ponsel tersebut.

Penjelasan dibawah ini mungkin dapat membantu memberikan solusi bagi Anda, khususnya untuk kasus kerusakan yang sulit dibedakan area kerusakannya.

Bluetooth Error

Ada beberapa metode yang dapat dilakukan untuk mengetahui jenis kerusakan pada Bluetooth.

1. Dengan mengaktifkan Bluetooth ponsel, jika tidak ada reaksi maka Bluetotth ponsel tersebut sedang bermasalah. Prosentase yang bisa diterapkan adalah 75% untuk kerusakan software dan 25% kerusakan pada hardware.

2. Dengan mengaktifkan fitur Gallery, bila ternyata susah dibuka alias error maka dapat dipastikan kerusakan terletak pada IC Bluetooth modul. Prosentase yang bisa diterapkan adalah 75% untuk kerusakan hardware dan 25% kerusakan pada software.

3. Disaat reflash data ponsel secara tiba-tiba berhenti ditengah jalan dengan disertai munculnya pesan error 9 pada software UFS, ini berarti menunjukkan bahwa IC Bluetooth modul bermasalah. Prosentase yang bisa diterapkan adalah 75% untuk kerusakan hardware dan 25% kerusakan pada software.

Solusi

Contoh kasus pertama dapat kita temui pada ponsel Nokia 7610, 6670 dan 3230... perbaikan secara software dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Untuk Nokia 7610 dan 6670 gunakan file khusus repair Bluetooth, reflash ponsel seperti biasa dan tulis ulang data PM menggunakan file repair tersebut.

Nokia 3230, Anda hanya perlu reflash ulang ponsel dan setelah itu tekan tombol repair Bluetooth

Sedangkan pada kasus kedua dan ketiga, harus dilakukan repair secra hardware, dalam hal ini adalah dengan cara penggantian komponen yaitu IC Bluetooth modul.

1 comments: