Filled Under: ,

Mengatasi Kerusakan Layar Ponsel

Beberapa kerusakan yang sering terjadi pada layar ponsel atau LCD (Liquid Crystal Display) diantaranya :

LCD garis
Pada tampilan layar terdapat garis hitam, jenis kerusakan ini terdapat pada hardware LCD. Solusi lakukan penggantian LCD.

LCD Blank
Pada tampilan layar tidak ada gambar ataupun tulisan sama sekali, umumnya terjadi pada ponsel clamshell atau ponsel lipat. Flexible merupakan penghubung antara mesin ponsel dengan LCD, jika terjadi kerusakan pada komponen ini maka LCD ponsel menjadi blank atau mati. Hal ini bisa disebabkan karena ponsel terkena air atau terjatuh.

Noda hitam pada sudut LCD
Bila LCD hitam putih anda dapat mencoba untuk memanasi permukaan LCD dengan blower pada setelan panas terendah dan biarkan LCD menjadi hitam lalu dinginkan, jika masih tampak hitam maka lakukan penggantian LCD.

Gambar muncul lalu hilang
Bisa disebabkan oleh Rubber atau soket LCD kotor, coba bersihkan terlebih dahulu.


Berikut ini cara penyelesaian :

1. Cek LCD tersebut dengan mencoba mengganti LCD lain yang kondisinya normal.
2. Untuk ponsel clamshell, coba dengan mengganti Flexible dengan yang baru karena itu merupakan penghubung antara mesin dengan LCD.
3. Bila setelah diganti kondisi tetap sama, maka lakukan pengecekan pada IC emif. Untuk DCT-3 kerusakan bisa terjadi pada IC CPU.
4. Untuk ponsel DCT-4 lakukan pemanasan pada IC emif atau ganti dengan yang baru.

Blank Putih pada LCD juga dibedakan menjadi 2 bagian :

1. Blank putih (ponsel rusak). Bisa disebabkan karena rusak pada data atau program ponsel, coba untuk melakukan flashing.
2. Blank Putih (ponsel normal). Bisa disebabkan jalur yang putus, bisa dilakukan jumper. Baca juga cara pengukuran dengan Avometer untuk mengetahui jalur yang putus.

Semoga bermanfaat...

2 comments:

  1. info menarik........thank's sobat.

    BalasHapus
  2. salam,bro bagaimana memperbaiki kerusakan flexibel

    BalasHapus