Filled Under:

Memperbaiki Vibra Ponsel yang Tidak Berfungsi

Untuk ponsel yang getarnya tidak berfungsi, Anda perlu melakukan pemeriksaan baik pada komponen vibra itu sendiri ataupun pada jalur yang berhubungan dengan komponen vibra tersebut.

Ikuti langkah-langkah yang bisa dilakukan:

1. Gunakan Multitester manual skala x1, dan hubungkan kabel-kabel Multitester dengan kutub positif dan negatif dari komponen vibra tersebut, bila bergetar maka komponen tersebut dalam keadaan baik, tetapi bila komponen vibra tidak bergetar maka Anda perlu mengganti komponen vibra yang rusak tersebut.

2. Selanjutnya bisa dilakukan pemeriksaan bila komponen vibra tidak rusak, dan tetap masih menggunakan Multitester, hubungkan kabel Multiterster dengan interface komponen vibra pada PCB ponsel, bila saat dihubungkan ada pergerakan jarum Multitester maka jalur dalam keadaan normal, sebaliknya bila tidak ada pergerakan jarum Multitester berarti terjadi jalur yang putus. Anda bisa melakukan sistem jumper langsung dari IC pengontrol UI menuju komponen vibra. Periksa juga apakah jalur positif dari battery menuju vibra dalam keadaan baik, jika jalurnya terputus maka lakukan sistem jumper pada jalur yang putus tadi, maka komponen getar akan berfungsi kembali.

Klik untuk memperbesar ukuran gambar

Semoga bermanfaat..

5 comments:

  1. thank's dah komen di blog saya..
    tipsnya sudah saya lakukan sob, tapi bluetoothnya masih error......bluetooth activate error...katanya.

    BalasHapus
  2. saya kurang tahu persis spek ponselnya apa karena tidak dijelaskan, tapi bila kondisi BT error saat diaktifkan hal yang pertama bisa dilakukan dengan upgrade software ponsel, bila kondisi tetap sama kemudian bisa dipastikan ic/modul BT bermasalah dan bisa dilakukan rehot terlebih dulu atau ganti dengan ic/modul BT yang baru

    semoga membantu..

    BalasHapus
  3. Info menarik bro,buat percobaan dirumah...:-)

    BalasHapus
  4. hp nya dah lama sob, samsung x700........
    ga papa lah mungkin harus ganti hp baru kali...he..he...

    BalasHapus
  5. @mas acrom: oke mas silahkan dicoba

    @rahmatea: ga papa kang, dicoba saja dulu seperti langkah diatas.. tapi mungkin untuk ketersediaan spare part agak susah

    BalasHapus