Filled Under: , , , ,

Menangani Masalah Ponsel Jatuh

Ponsel jatuh tentu bukan masalah baru, dan biasanya hal itu terjadi karena unsur ketidaksengajaan. Terjatuhnya ponsel bahkan bisa menjadi masalah permanen, apalagi jika terjadi berulang-ulang. Tanpa sengaja ponsel kita terjatuh, karena ponsel terjatuh maka ponsel bisa saja mati, setelah itu kita coba nyalakan kembali ponsel kita tetapi ponsel tidak mau nyala kembali alias mati total.

Berikut ini prosedur perbaikannya :

Hindari untuk langsung memeriksa dan menguji ponsel dengan power supply, hal ini dimaksudkan untuk mencegah hubungan pendek antar komponen ataupun modul dalam ponsel. Sebab kemungkinan besar setelah ponsel terjatuh maka letak daripada komponen ataupun modul dalam ponsel berubah dan tidak pada tempatnya, inilah yang dikuatirkan bisa menyebabkan hubungan pendek antar komponen ataupun modul dalam ponsel.

Jadi usahakan terlebih dahulu ponsel tersebut harus dibongkar, dipanasi (diblower), kemudian kita reposisi kembali letak atau posisi dari tiap-tiap komponen ataupun modul yang berubah letaknya sebagai akibat dari ponsel yang terjatuh tadi.

Setelah kita membongkar, memanasi, dan mereposisi semua letak komponen ataupun modul pada tempatnya maka barulah kita boleh menggunakan power supply untuk memeriksa dan menguji ponsel kita apakah kerusakan terletak pada softwarenya atau hardwarenya.
Kemungkinan besar komponen yang rusak sebagai akibat dari ponsel yang terjatuh tadi adalah IC PA atau IC Power.

Jika jarum skala ampere pada power supply naik sekitar ± 50 mili ampere saat tombol 'on' pada ponsel ditekan, berarti kerusakan terletak pada software ponsel. Kita lakukan program ulang atau Flashing pada ponsel sesuai dengan jenis dan versi ponsel yang rusak atau kita bisa melakukan proses upgrade versi software ke versi software yang lebih tinggi dari versi ponsel sebelumnya.

Bila kerusakan memang disebabkan pada software, setelah melakukan proses Flashing tersebut, maka ponsel Anda bisa kembali normal.

0 comments:

Posting Komentar